Sunday, September 27, 2009

Lebah madu yang terselubung

Lebah madu adalah salah satu jenis serangga dari sekitar 20.000 spesies lebah. Saat ini ada sekitar tujuh spesies lebah madu yang dikenal dengan sekitar 44 subspesies. Semua spesies ini termasuk dalam genus Apis. Mereka memproduksi dan menyimpan madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Selain itu mereka juga membuat sarang dari lilin, yang dihasilkan oleh para lebah pekerja di koloni lebah madu.
http://4.bp.blogspot.com/_s4zDffcUr_U/Sgu8Q4DX9eI/AAAAAAAAALk/MhuBuSGPRv8/s400/lebah+madu+001

Lebah madu yang ada di alam Indonesia adalah A. andreniformis, A. cerana dan A. dorsata, serta khusus di Kalimantan terdapat A. koschevnikovi. Lebah madu membuat tempat penyimpanan madu dengan bentuk heksagonal. Sebuah bentuk penyimpanan yang paling efektif dibandingkan dengan bentuk geometris lain. Lebah menggunakan bentuk yang memungkinkan mereka menyimpan madu dalam jumlah maksimal dengan menggunakan material yang paling sedikit. Para ahli matematika merasa kagum ketika mengetahui perhitungan lebah yang sangat cermat. Aspek lain yang mengagumkan adalah cara komunikasi antar lebah yang sulit untuk dipercaya.

http://dereila.ca/dereilaimages/HoneyBee3.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_pHcYEyl5gMo/SbUPz3VRi9I/AAAAAAAAAEM/CF5YfUDb53k/S730/dark_honey_bee_hemberger.jpg

Setelah menemukan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas mencari bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya. Ia memberitahukan kepada lebah-lebah yang lain arah sudut dan jarak sumber makanan dari sarang dengan sebuah tarian khusus. Setelah memperhatikan dengan seksama isyarat gerak dalam tarian tersebut, akhirnya lebah-lebah yang lainnya mengetahui posisi sumber makanan tersebut dan mampu menemukannya tanpa kesulitan.
http://www.freewebs.com/irwantoshut/pic-madu.jpg
http://4.bp.blogspot.com/_F9WAzY4ynHw/SBVKzQWP5wI/AAAAAAAAAH8/9ELZekN7jaI/s320/Blog%2B-%2BLebah%2BMadu.jpg

Lebah menggunakan cara yang sangat menarik ketika membangun sarang. Mereka memulai membangun sel-sel tempat penyimpanan madu dari sudut-sudut yang berbeda, seterusnya hingga pada akhirnya mereka bertemu di tengah. Setelah pekerjaan usai, tidak nampak adanya ketidakserasian ataupun tambal sulam pada sel-sel tersebut.

http://www.epochtimes.co.id/fotokesehatan/77_besar.gif
http://www.communigate.co.uk/london/whittinghamgardeningclub/phpcPqZO0
dari Madu tersusun atas beberapa molekul gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas madu bunga dan serbuk sari yang dikonsumsi lebah. Di samping itu di dalam madu terdapat pula tembaga, yodium dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.

Sumber: http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2009/09/lebah-madu-yang-unik.html
◄ Posting Baru Posting Lama ►