5 Hal yang ditemukan oleh komik Donal Bebek

1. Film Inception terinspirasi dari komik Donal Bebek
http://hermawayne.blogspot.com

Inception merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat. Film yang dibintangi oleh Leonardo Di Caprio ini membuat banyak para kritikus dan penonton seringkali bertanya dari manakah ide awal film tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya 8 tahun yang lalu, komik Donal Bebek telah menemukan ide mengenai film Inception tersebut, bahkan beberapa adegan dalam komik tersebut mirip dengan film Inception.

Dalam komik Donal Bebek yang berjudul
"Uncle Scrooge : In The Dream of a Lifetime" menceritakan Gerombolan Siberat yang berperan sebagai pencuri mimpi dimana mereka masuk ke dalam mimpi Paman Gober untuk mengetahui kode rahasia dari brankasnya. Setelah masuk ke dalam mimpi Paman Gober, Gerombolan Siberat bingung antara mimpi dan realita, sehingga mereka harus membawa benda khusus (dalam film Inception, benda ini dinamai totem). Beberapa kesamaan lainnya, cerita cinta Paman Gober dan Goldie yang mirip dengan Cobb dan Mal dalam film Inception. Metode yang digunakan juga sama ketika dalam dunia mimpi seperti menggunakan “Kick” untuk menngeluarkan seseorang dari mimpi, jika mati akan terperangkap dalam mimpi tersebut, dsb.

Walaupun Nolan (produser dan penulis film Inception) menolak anggapan bahwa dia mencontoh ide dari komik Donal Bebek, tapi yang jelas komik tersebut merupakan awal dari lahirnya Film Inception.


2. Komik Donal Bebek Menginspirasi Film Indiana Jones

http://hermawayne.blogspot.com

Indiana Jones merupakan salah satu film masterpiece yang diproduseri oleh Steven Spielberg, sehingga jika Anda menyukai film-film Indiana Jones, berterima kasihlah pada komik Donal Bebek. Mengapa? karena dalam film Indiana Jones : Raiders dari Lost Ark, secara terbuka Spielberg dan Lucas mengaku terinspirasi dari komik Donal Bebek dalam beberapa adegannya.

Spielberg mengakui bahwa adegan ketika Indy mencuri reliq yang kemudian dikejar oleh batuan besar, didapatnya dari komik Donal yang berjudul
"Uncle Scrooge : The Seven Cities of Cibola", sedangkan Lucas yang menggarap adegan ketika Indy dikejar oleh suku setempat, terinspirasi dari komik Donal yang berjudul The Prize of Pizarro. Jadi, sudah sepatutnya Donal juga mendapatkan piala Oscar sama seperti Steven Spielberg.

3. Donal Penemu Metode Mengangkat Kapal yang Tenggelam

http://hermawayne.blogspot.com

Bagaimana jika komik mengalahkan seorang ilmuwan? Pada tahun 1964, sebuah kapal barang terbalik di lepas pantai Kuwait, menyebabkan masalah, karena kapal tersebut berisi 5.000 domba yang tenggelam dan membusuk di dekat area air minum Kuwait dan membahayakan konsumsi air Kuwait. Jadi seorang ilmuwan asal Denmark, Karl Kroyer, merancang sebuah teknik untuk mengangkat kapal tersebut dengan cara mengisi kapal yang tenggelam dengan bola apung kecil yang disuntikkan melalui tabung. Daya apung gabungan dari bola tersebut membuat kapal itu muncul ke permukaan. Butuh 27.000 bola untuk mengangkat kapal itu.

Lantas apa hubungannya dengan komik Donal? ketika Kroyer ingin mempatenkan idenya tersebut di kantor paten Jerman, Inggris dan Belanda, di 2 kantor paten dia berhasil mempatenkannya, namun ketika di kantor paten Belanda, dia ditolak, mereka mengatakan ia mencuri ide dari Donal. Pada tahun 1949, 15 tahun sebelum Kroyer membuat metodenya tersebut, Carl Barks (penulis Donal Bebek) menulis cerita berjudul
“The Sunken Yacht” yang menunjukkan Donal sedang berusaha keras untuk menemukan cara mudah untuk menaikkan kapal Paman Gober yang tenggelam dari dasar laut. Solusi keponakannya adalah untuk menurunkan selang dari permukaan, kemudian dipompa penuh dengan isi bola pingpong. Jadi konsepnya sama dengan apa yang dilakukan Kroyer.

4. Donal Menemukan Molekul Baru 20 Tahun Sebelum Ilmu Pengetahuan Menemukannya

http://hermawayne.blogspot.com

Donal Bebek dan penulisnya, Carl Bark, telah memberikan kontribusi yang luar biasa kepada ilmu pengetahuan, sehingga universitas Cornell menamai asteroid dengan namanya, hal ini setelah sebuah jurnal ilmiah menerbitkan komiknya yang berjudul “The Mad Chemist”. Dalam komik tersebut diceritakan Donal yang membantu keponakannya dalam tugas kimia terbentur dan menciptakan formula yang diberi nama "Duckmite". Itu hanyalah sebuah komik sampai 20 tahun kemudian Disney menerima surat dari Joseph B. Lambert di Institut Teknologi California, yang menginformasikan bahwa komik Donal yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah "The Spin States of Carbenes" menjadi rujukan dalam menemukan sebuah molekul baru yang bernama Methylene.

http://hermawayne.blogspot.com

Rupanya komik Donal Bebek yang dibuat oleh Carl Bark secara tidak sengaja menemukan Methylene yang digambarkan sebagai CH2, hampir 20 tahun sebelum ilmu pengetahuan bisa membuktikan eksistensinya. Anehnya, hal ini tidak diketahui Disney, melainkan seorang ilmuwan bernama Dr. Gaspar yang juga penggemar komik Donal Bebek. Bahkan gilanya, setahun kemudian Disney mendapat surat dari ilmuwan Harvard yang memberi tahu bahwa Donal tidak hanya menemukan Methylene, tapi juga berhasil menggunakan Methylene yang bisa bereaksi dengan zat lain.

5. Paman Gober Menciptakan Manga

http://hermawayne.blogspot.com

Carl Barks adalah seorang penulis paling produktif dalam membuat komik Donal. Dia bertanggung jawab untuk 4 dari 5 entri dalam daftar ini. Tetapi mungkin kontribusi Bark terbesar adalah pengaruh karakter ciptaannya Paman Gober pada Osamu Tezuka. Tezuka adalah mangaka yang menciptakan anime Astro Boy dan Kimba The White Lion, dan dia juga dijuluki sebagai "Bapa Manga" atau "The Godfather of Anime". Pekerjaan Tezuka pada dasarnya menciptakan manga setelah Perang Dunia II, yang pada akhirnya menginspirasi munculnya anime.

Tezuka sendiri mengatakan bahwa ia berhutang semua ini tidak lain pada Paman Gober. Seluruh gaya artistik Tezuka, seperti mata yang imut dan mulut yang kecil kini menjadi ciri dari gaya animasi Jepang. Karyanya kini menjadi dasar bagi semua manga, Tezuka telah mengkonfirmasi bahwa dasar untuk karyanya adalah Paman Gober dan Miki Tikus. Walaupun begitu, kedua kartunis ini tidak pernah bertemu, namun Tezuka sempat mengirimi ucapan selamat kepada Bark sebagai rasa terima kasihnya yang telah memberikannya inspirasi.


Back To Top