10 Spesies Unik

Langsung saja kita simak bersama daftar berikut ini, 10 spesies unik bineksentrik.

1. Sea Pig
Sea Pig erat kaitannya dengan teripang, bagian dari Animalia. Panjangnyasekitar 4 inci, memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakan untuk berjalandan mencari makan di dasar laut. 

Sungguh unik cara Sea Pig menyeleksi makanannya, yaitu menggunakan indrapenciuman (aroma), lalu menyingkirkan partikel organik dari lumpur denganmengempis dan menggembungkan tentakel, barulah memakan partikel yangterperangkap dalam tentakel mereka.


2. Yeti Crab
Kepiting yeti ditemukan pertama kali tahun 2005 oleh ahli biologi laut diSamudera Pasifik. Karenabulu-bulunya mirip mahluk mitos Yeti (legenda padang salju), maka namanya punserupa. Habitatnya di celah hidrotermal laut pasifik.


3.Viperfish
Viperfishmerupakanikan laut yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Ukurannyabervariasi,antara  12 sampai 24 inci, hidup di kedalaman 250sampai 5.000 kaki.

Ikan ini dapat hidup sampai 40 tahun dan tercatat dalam Guinness worldrecord untukgigi terbesar dibandingkan dengan ukuran kepalanya.


4. Japanese Spider Crab
JapaneseSpider Crab (sebut saja JSC) adalah arthropoda terbesar, dengan rentangkaki bisa mencapai 3,6 meter. Habitatnya di kedalaman 150-800 meter dilepas pantai selatan pulau Honshu, Jepang. Umurnya bias mencapai 100 tahun


5. Giant Isopod
Giant Isopod hidupdi laut yang sangat dalam (zona bathypelagic) sekitar 7.020 kaki dibawah permukaan laut. Ukurannya:panjang bisa sampai 14 inci dan tinggi 30 inci. Organisme inimemiliki kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makanan selama lebih dari delapanminggu!
6. Chinese Giant Salamander
Organismeini adalah salamander terbesar yang diketahui ada dan habitatnya meliputisungai dan danau seta pegunungan di China. Salamanderini bisa tumbuh hingga 73 inci dan hidup sampai usia 80 tahun.

Salamander Raksasa ini tidak memiliki kelopak mata, sehinggamencari makan tergantung pada sensor untuk mendeteksi getaran.


7. Olm

Olmmerupakan organisme buta yang hidup di gua-gua air bawah tanah. Ukurannyasekitar8-12 inci. Cara bernapasnya cukup unik, Olm tidak hanya memilikiinsang,namun juga paru-paru (walau jarang digunakan selama proses pernapasan).Seperti salamander raksasa dari China, Olm pun tergantung pada akal penciuman untukbertahan hidup.

8. Giant Grenadier
Giantgrenadieradalah satu-satunya anggota genus Albatrossia yang ditemukan di sepanjangbagian utara Pasifik dari Jepang ke Okhotsk dan laut Bering. Ikanini bisa mencapai tujuh meter panjangnya dan hidup sampai setidaknya 56 tahun.


9. King of Herrings
Ikanini - juga dikenal sebagai oarfish - adalah ikan bertulangterpanjang yang ada. Dapatditemukandi kedalaman dari 300-1000 meter, selalu di bawah laut dan sangat jarangmunculke permukaan. Panjangnya 16 kaki. Pertama kali ditemukan terdampar mati dipantai di Bermuda tahun 1860.
 

10.Angora Rabbit
Bukanhanya kucing yang memiliki jenis angora, kelinci pun ada. Ya, kelinci angoraberasal dari Angora, Turki. Beratnya bisa mencapai 12 kilogram. Ada lima jenis raskelinci Angora termasuk Inggris, Jerman, Giant, Perancis dan Satin. 
 
 

Back To Top