24 Jenis Buah yang Baik Bagi Tubuh


Bijaklah memilih makanan supaya tubuh senantiasa sehat dan terlindung dari penyakit. Demikian pula halnya dengan memilih buah-buahan. Para pakar nutrisi telah mengelompokkan beberapa buah yang dianggap sebagai "buah super".

Keri Glassman, pendiri NutritiousLifeMeals.com serta penulis buku Slim Calm Sexy Diet, mengatakan, agar buah-buah "super" ini terasa manfaatnya maka sebaiknya dikonsumsi secara langsung, bukan olahan. Saat Anda selesai membeli, segeralah makan buah yang masih dalam kondisi segar. Para ahli menyarankan, makanlah buah-buah super berikut ini sebanyak 5-9 porsi dalam sehari.

1. Acai berry
Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dibandingkan buah berry lainnya. Namun, buah ini sulit didapatkan dalam kondisi segar karena asalnya dari Brasil. Untuk itu, saran Glassman, Anda dapat menggunakan acai berry yang diolah berbentuk bubuk kemudian dicampur pada smoothie.

2. Apel
Apel adalah buah kaya serat. Pada bagian kulitnya baik apel warna merah maupun hijau memiliki kandungan quercetin, yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan alergi. Sebuah studi dari St George Hospital Medical School di London menemukan bahwa orang yang makan lima atau lebih buah apel memiliki fungsi paru-paru lebih baik.

3. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh, sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik. Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan beta karoten dan likopen yang penting untuk kesehatan jantung.

4. Pisang
Buah pisang memiliki kandungan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah Anda. Pisang adalah salah satu sumber karbohidrat sehat yang membantu meningkatkan metabolisme.

5. Blackberry
Blackberry merupakan buah kaya antioksidan. Menurut USDA, buah ini kaya polifenol yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis.

6. Blueberry
Menurut penelitian, kadar flavonoid tinggi pada blueberry membantu menjaga fungsi otak seiring pertumbuhan usia. Tentunya bila dikonsumsi secara teratur. Wanita yang mengonsumsi blueberry mengalami perlambatan penuaan 2,5 tahun. Buah ini juga kaya mangan yang penting dalam proses metabolisme sehingga membuat Anda tetap langsing dan berenergi.

7. Blewah
Untuk mendapatkan kulit cerah dan lebih muda, coba pertimbangkan buah satu ini. Masuk dalam kategori buah super, karena blewah memiliki kandungan vitamin A berikut turunannya yang dapat meningkatkan reproduksi sel pada tubuh.

8. Buah Ceri
Ceri kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan, trigliserida rendah, dan mengurangi kolesterol. Dalam penelitian terbaru di University of Michigan, ditemukan bahwa ceri dapat menurunkan peradangan pembuluh darah sampai 50 persen. Ceri juga baik untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol.

9. Jeruk nipis
Baik jeruk nipis maupun jeruk keprok adalah buah sarat vitamin C. Vitamin C ini dapat memperbaiki kerusakan pada tubuh akibat paparan sinar matahari, mengatur kelenjar minyak, bahkan mencegah bintik-bintik tanda penuaan.

10. Cranberry
Buah ini sangat bersahabat terutama untuk perempuan. Cranberry dapat mencegah infeksi saluran kecing dan membantu melawan penyakit yang jauh lebih menakutkan, kanker ovarium. Buah ini, menurut studi Universitas Rutgers, digunakan untuk meningkatkan efektivitas obat kemoterapi. Meminum jus cranberry tanpa gula setiap hari meningkatkan lemak baik bagi tubuh.

11. Buah naga
Empat tahun lalu, sebuah penelitian di Universitas Putra Malaysia menemukan bahwa tubuh kita butuh asam lemak esensial. Sayangnya, asam lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Buah naga memiliki kandungan tersebut. Selain asam esensial, ada juga asam oleat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

12. Anggur
Anggur masuk sebagai buah super karena kaya kandungan antioksidan yang disebut resveratrol. Kandungan ini akan membuat jantung lebih sehat. Para peneliti menemukan bahwa senyawa dalam ekstrak biji anggur akan melambatkan penyakit Alzheimer, mengalahkan sel-sel kanker di kepala dan leher.

13. Jeruk grapefruit
Konsumsi jeruk ini dapat menyehatkan jantung Anda. Buah ini juga membantu menurunkan kolesterol jahat. Penelitian terbaru, grapefruit bisa menghambat kerja enzim di dinding usus yang memperlambat masuknya obat ke aliran darah.

14. Kiwi
Jika Anda memiliki keluhan soal pencernaan, maka kiwi adalah jawabannya. Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki sindrom iritasi usus mengalami pengurangan gejala karena mengonsumsi dua kiwi sehari selama enam minggu. Bagi kulit, kiwi juga baik karena kaya serat dan memiliki prebiotik karbohidrat yang kompleks.

15. Orange
Buah ini sangat direkomendasikan untuk sistem kekebalan tubuh. Buah ini adalah sumber serat, kalium, kalsium, dan vitamin B 6 folat.

16. Pepaya
Pepaya adalah buah tropis yang penuh vitamin C. Selain itu, buah ini juga sumber vitamin A dan E, dua antioksidan kuat untuk melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

17. Nanas
Nanas mengandung bromelain, yakni suatu enzim pencerna yang membantu memecah makanan untuk mengurangi kembung.

18. Plum
Plum mengandung antioksidan yang disebut asam chlorogenic. Menurut para peneliti dari Perancis, antioksidan dalam plum dapat menurunkan perilaku cemas.

19. Delima
Delima mengalahkan anggur merah untuk kandungan antioksidannya.

20. Buah labu
Labu sebenarnya buah yang kaya dengan beta karoten. Jika dikombinasikan dengan kalium maka dapat membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

21. Rasberry
Buah ini kaya serat, penuh vitamin C, dan mangan.

22. Strawberry
Buah ini penuh dengan vitamin C, sumber asam folat yang dapat membantu melindungi jantung Anda. Buah ini juga dapat memutihkan gigi secara alami.

23. Tomat
Tomat masuk ke dalam buah super, meskipun banyak orang masih menganggapnya sebagai sayur. Tomat memiliki kandungan antioksidan disebut likopen yang sangat jarang ditemukan pada buah super lainnya. Buah ini memiliki vitamin C tinggi, kalium, dan serat, serta kalorinya rendah.

24. Semangka
Semangka adalah salah satu buah dengan sumber vitamin A dan C. Buah ini memiliki likopen dua kali lebih banyak dibandingkan tomat.


Back To Top